8 Kuliner di Medan yang Wajib Kamu Coba!

(Sorry I’m using Indonesian language)

Hello food lovers! Baru-baru ini gw pergi ke Medan untuk urusan business trip. Di tengah kesibukan kerja, gw sempet cobain kuliner-kuliner di Medan yang enak dan halal (non-halal cuma nyobain mie nih). Yuk kita intip kuliner enak di Medan.

IMG_20170712_133352_222-01.jpeg

1. Alpukat Macehat

Screenshot_20170721-203341-01.jpeg

Avocado Coffee Float

Wah ini kuliner wajib banget kamu coba! Alpukat Macehat ini sebenernya adalah alpukat kocok atua biasa disebut avocado coffee float. Alpukat yang dipakai adalah alpukat mentega, jadi gausa heran kalo rasanya mantep banget!!

Lokasinya beradai di Jl. Karo No.20 Medan. Tempat tersebut selalu ramai pengunjungnya. Mau beli aja harus antri panjang. Tempatnya tidak terlalu luas, sederhana, layaknya kedai kopi biasa.

Signature drink di sini adalah Avocado Coffee Float (IDR 32k) yang cantik untuk difoto dan rasanya  juga enak banget. Jus alpukatnya dicampur dengan es krim dan single shot espresso.

Screenshot_20170721-203043-01.jpeg

Avocado Coffee Float

Buat yang ga suka espresso, cukup memesan alpukat original saja. Rasanya creamy, bold, sweet, sedikit salty, sedikit gurih, dan segar! Cocok banget diminum panas-panas di Medan (kota ini panas banget dan kering, jadi cepet banget haus). Gw sarankan kalian ke sini saat sore hari.

Macehat Coffee

Address: Jl. Karo No. 20, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20112, Indonesia
Phone: +62 61 4529944
Price  : < IDR 50k/person
 

2. Pondok Gurih

IMG-20170716-WA0025.jpg

Pondok Gurih

Pondok Gurih merupakan rumah makan padang yang terkenal di Medan. Tempatnya kecil, hanya ruko biasa, panas, dan sangat ramai saat jam makan siang dan makan malam. Antriannya bisa sampai ke jalanan. Di bagian depan, ada etalase nasi gurih beserta lauknya. Kamu bisa memilih mau makan nasi di daun (bungkusan) atau di piring. Gw sarankan untuk memilih nasi di daun karena nasinya lebih harum, pulen, dan lebih seru makannya.

Menu utamanya selain nasi padang adalah Gulai Kepala Ikan Kakap.

20170716_123209.jpg

Gulai Kepala Ikan Kakap

Gulai Kepala Ikan Kakap tersebut bener-bener enak: tidak amis, dagingnya empuk, dan daun singkongnya juga empuk. Pokoknya ini gulai ikan terenak yang pernah gw makan! Porsinya juga besar, jadi bisa dimakan ramai-ramai. Gw aja yang ga suka ikan bisa doyan, apalagi yang doyan nih. Selain gulainya, ada juga ayam pop yang crispy dan gurih serta jengkol balado yang enak banget! Gw menyarankan makan di Pondok Gurih saat malam karena tempatnya panas.
Pondok Gurih Restaurant
Address: Jl. Brigjen Katamso No.33 A, A U R, Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20159
Hours: 10 AM – 9 PM
Price   :  IDR 75k – 100k/person
 .
.

3. Soto Medan Kesawan

Screenshot_20170721-200611-01.jpeg

Soto Medan Ayam

Belum ke Medan namanya kalo belum nyobain kuliner khas Medan, yaitu Soto Medan. Sebenarnya, soto Medan mirip dengan soto Betawi : kuah santan kekuningan, gurih, pakai ayam atau sapi, dan enak banget disantap hangat. Perbedaannya, soto Medan bisa pakai udang!
Screenshot_20170721-200421-01

Soto Medan Udang dan Sapi

Soto Medan Kesawan merupakan soto medan terkenal yang sudah berjualan sejak beberapa generasi yang lalu. Lokasinya berada di seberang Tjong A Fie mansion. Tempatnya hanya ruko sederhana dan cukup kecil. Untuk tambahan topping, kamu bisa memilih daging ayam, sapi, udang, serta jeroan seperti babat dan paru. Sambelnya juga mantap pedesnya! Soto Medan cocok dimakan pada pagi hari sebagai sarapan, makan siang, maupun di sore hari saat hujan.
Soto Medan Kesawan
Address: JL. Ahmad Yani, Kesawan, Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara 20236
Hours: 7 AM – 4 PM 
Price  : IDR 20k (soto ayam / soto sapi) dan IDR 25k (soto udang)
.
.

4. Indomie Bangladesh – Warmindo Agam Senyum

20170712_195225-01.jpeg

Indomie Bangladesh

Ayo pecinta Indomie! Wajib nih kamu coba! Warmindo (Warung Makan Indomie) merupakan tempat makan di mana semau status sosial disama ratakan karena semuanya pasti suka sama Indomie. Salah satunya adalah Warmindo Agam Senyum di daerah Multatuli yang buka 24 jam. Kalo weekend rame banget, jadi kamu mesti pintar cari waktu yang pas sebelum ga kebagian tempat.

Warmindo menjual menu utama Indomie, baik kuah dan goreng. Variasi menu di Warmindo ini adalah Indomie Bangladesh (nyemek pedas), Mie Aceh, Ifumi Goreng, dan ada juga menu non-Indomie seperti Nasi Prang dan Nasi Goreng. Indomie di sini dimasak dengan bumbu racikan masing-masing Warmindo yang menjadi keunikan setiap Warmindo di Medan.

20170712_195640-01.jpeg

Nasi Prang

Ciri khas dari Warmindo di Medan adalah mereka menyediakan variasi minuman, mulai dari tehtong (teh panas), teh mandi (teh manis), teh kocok telur, bandrek, minuman botol, sachet, dan apapun yang kau minta, hampir pasti dapat mereka sediakan. Semua harga menu di sini sangat ekonomis dan under IDR 20k. Murah banget kan! Dengan harga segitu aja kamu bisa kenyang makan dan minum. Untuk makan di sini, lebih cocok dimakan saat malam hari sambil nongkrong dan ngobrol hingga larut malam.

 

Warkop Agam Senyum
Address: Hamdan, Medan Maimun, Medan City, North Sumatra 20212
Hours: 24 hours
Price   : < IDR 50k/person
 .
.

5. Mie Aceh Titi Bobrok

20170713_192507-01.jpeg

Mie Aceh Kering

Mie Aceh adalah kuliner khas Aceh yang terbuat dari mie kuning yang dimasak pedas dengan campuran daging sapi ataupun seafood (udang / cumi / kepiting) yang dimasak kering / nyemek / basah (kuah). Mie aceh mungkin bisa dengan mudah ditemukan di Medan. Namun Mie Aceh Titi Bobrok adalah warung yang paling populer dan paling ramai pengunjung.

Tempatnya cukup besar dan ada 2 lantai. Dapurnya di lantai 1 dekat pintu masuk di sebelah kanan. Biasanya kalo malam, tempat ini sangat ramai sampai waiting list. Harganya juga terjangkau dan kalian bisa menikmati mie Aceh yang enak dengan aneka topping berbeda : sapi, udang, cumi, dan kepiting. Selain mie aceh, ada juga mie ayam, mihun, nasi goreng, dan sebagainya.

Menurut gw, ini mie aceh paling enak di Medan. Mienya bulat, agak keras (menurut orang Medan, kalo menurut orang Jakarta sih ini enak ya), bumbunya juga kuat spicesnya. Wajib coba Mie Aceh Kepitingnya yang nyemek dan enak banget! Gw paling suka makan di sini. Walaupun ramainya minta ampun, servicenya cepat.  Harganya juga terjangkau. Kalian lebih baik menyantap mie aceh ini di siang hari karena kalian bisa saja waiting list di malam hari.

20170713_193028-01.jpeg

Mie Aceh Kepiting Nyemek

Mie Aceh Titi Bobrok

Address: Jl. Setia Budi No. 17 D, Sei Sikambing B, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20122
Hours :
Price  : IDR 10k – 40k / porsi
 .
.

6. Merdeka Walk

2017-07-13 05.16.30 1-01.jpeg
Jus Rainbow (Markisa-Terong Belanda-Sirsak)

Buat anak muda, belum lengkap kalo belum nongkrong di Merdeka Walk. Tempat jajan outdoor ini berlokasi di seberang Bank Indonesia. Di sini, kalian bisa memilih food tenant seperti Nelayan Tenda, Starbucks, Oppai, dan masih banyak. Konsep food court ini sangat ramai dikunjungi anak muda pada malam hari disertai live music. Kalo belum terlalu lapar kamu bisa melihat-lihat aneka souvenir khas Medan yang ditawarkan di salah satu stand. Menurut beberapa orang harga makanan di Merdeka Walk Medan agak sedikit di atas rata-rata harga makanan di pusat kuliner lainnya di Kota Medan dan nggak cocok sebagai tempat jajan di tanggal tua seperti sekarang. Namun, tempat ini wajib kamu kunjungi untuk makan malem sambil mengobrol dan mendengar alunan musik, menikmati suasana malam kota Medan. Merdeka Walk cocok dikunjungi pada saat sore hingga malam hari karena suasana dan dekorasinya lebih bagus di malam hari.

20170713_172054edit.jpg

Pangsit Goreng Tahu

Merdeka Walk

Address: Merdeka Walk, Jl. Balaikota, Kesawan, Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara 20236
Hours: 11 AM – 10 PM
Price  : > IDR 50k / person
.
.

7. Nelayan Mie Jaring – Chinese Food Restaurant (Halal)

 

Buat pecinta chinese food, kamu bisa mengunjungi restoran Nelayan yang cukup populer di Medan dan terdapat beberapa cabang di Medan. Gw icip chinese foodnya di dalam Mal Centre Point. Tempatnya cukup besar, elegant, dan ramai pengunjung saat malam hari. Dekorasinya agak gelap dan terdapat sentuhan Chinese decoration di dindingnya. Harganya cukup pricey, mengingat ini restoran kelas menengah ke atas. Untuk makanannya, ada a la carte dan dimsum. Cobain sapo terong dan sapi lada hitmanya ya. Enak! Dim sum nya juga enak. Kalian bisa makan di Nelayan saat lunch maupun dinner.

Nelayan Mie Jaring

Address: Jl. Kh. Zainul Arifin No.7, Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20152
Hours: 11AM – 10 PM
Price   : IDR 100k/ person
.
.

8. Ucok Durian

20170721_221917.png

Durian Medan

Buat pecinta durian, kamu wajib coba Ucok Durian. Tempatnya super rame dan ga pernah sepi pengunjung. Durian Medan lebih harum dan lebih pahit (fermented taste) dari durian di kota lain. Pas masuk, kamu sudah mencium bau durian dari jauh. Gw sarankan kalian menyantap durian di malam hari setelah dinner karena tempat ini buka hingga tengah malam.

Durian di sini ada 2 macam : manis dan pahit. Sebagian besar orang Medan lebih menyukai durian pahit karena rasanya lebih nimkat, legit, dan fermented. Gw lebih suka durian yang manis sih. Semua tergantung selera.

Buat yang mau bawa oleh-oleh durian ini, kamu bisa membeli duriannya di bagian belakang yang sudah ditaruh di tempat makan plastik dan di-seal rapat. Kalau mau bawa pulang ke rumah (masih di area Medan ya, bukan luar kota), kamu bisa membeli durian utuh. Setiap durian yang kita pesan untuk dimakan langsung ataupun dibawa pulang, bisa dituker dengan yang baru jika duriannya ada yang busuk. Setiap pembelian lebih dari IDR 200k, kamu bisa mendapatkan 1 buah durian gratis (ukuran kecil) untuk disantap langsung.

 

 

Ucok Durian Medan

Address: Jl. Pelajar No.46, Teladan Tim., Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20217
Hours: 8AM–12AM
Phone: 0821-3440-9106
Price  : > IDR 75k/person

Ayo, kalian pilih yang mana? Pas ke Medan, kamu pasti langsung kalap pengen nyoba semuanya. Namun, perlu diingat bahwa jalan di Medan macet, jadi kalian harus planning terlebih dulu.

Ini baru sebagian kuliner enak di Medan loh! Karena waktu gw yang padat, jadinya cuma sempet nyobain kuliner-kuliner ini. Kalau ada masukan tentang kuliner enak lain di Medan, silakan komen atau DM via Instagramku ya 🙂

Selamat kuliner!

20170715_212312.jpg

ENJOY YOUR DAY ♥

Contact for endorsement and food tasting via my email

[email protected]

Let’s eat! More food posts on my Instagram account (IG posts and IG story)

You can visit my page on Pergikuliner :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s